Pages

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

25 Jan 2012

Belajar Grammar Yook?


Sebenernya sih posting ini aku buat dan share (dari Alfa Solution) untuk sedikit menghindari salah satu sifat manusia, "lupa". Yup kadang2 aku suka lupa dengan grammar kalo mau use language dgn rumus yang benar. Kalo misalkan ada dimana2 gak bawa buku kan tinggal buka blogku aja walaupun sedikit2 postingannya tapi mudah2an menjadi bukit dan bermanfaat buat kita semua.
Ok deh, langsung aja ya. Di bawah ini adalah jenis2 tenses atau rumus2 kalimat dasar dalam bhs. Inggris. Perhatikan ya


TENSES
PRESENT TENSE
1. Simple Present Tense [S + V1(s/es) + O]
  Contoh kalimat :
    - Kebiasaan             > I come to Bookstore every Saturday
                                          (Aku datang ke Toko Buku setiap hari Sabtu)
    - Kebenaran umum > The Sun rises in the Earth
                                           (Matahari terbit di Bumi)
    - Jadwal Program    > The train arrives at 8:30 am.
                                           (Kereta api tiba pukul 8:30 pagi) 

2. Present Continuous Tense [S + is/am/are + V1-ing + O]
  Contoh kalimat :
    - Pekerjaan yang sedang berlangsung > Fani is singing a song now
                                                                              (Saat in Fani sedang menyanyikan sebuah lagu)


3. Present Perfect Tense [S + have/has + V3 + O]
  Contoh kalimat :
    - Suatu pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan sekarang
      > He has written a letter
         (Dia telah menulis sebuah surat)


4. Present Perfect Continuous Tense [S + have/has been + V-ing + O]
  Contoh kalimat :
    - Kegiatan yang dimulai pada masa lampau, sekarang masih berlangsung dan kemungkinan masih akan terus berlangsung.
       > I have been learning English for 6 years
          (Saya sudah belajar bahasa Inggris selama 6 tahun)

5. Simple Past Tense [S + V2 + O]
  Contoh kalimat :
    - Pekerjaan/kejadian yang terjadi pada masa lampau
       > I went to Japan last year 
          (Saya telah pergi ke Jepang tahun lalu)


CONTINUOUS TENSE
1. Past Continuous Tense [S + was/were + V-ing]
  Contoh kalimat :
   - Pekerjaan yang sedang terjadi di masa lampau saat kejadian yang lain menyela
      > When father came home, I was reading a novel
          (Ketika ayah pulang ke rumah, saya sedang membaca sebuah novel)
   - 2 pekerjaan yang sedang terjadi bersamaan
      > While my mother was talking to my friend, I was watching TV
          (Saat ibuku sedang berbicara pada temanku , aku sedang menonton TV)

2. Past Perfect Tense [S + had + V3]
  Contoh kalimat:
    - Pekerjaan yang terjadi sebelum pekerjaan yang lain terjadi di masa lampau. Jadi ada dua atau lebih pekerjaan yang beriringan
       > Dian had gone to campus before I came
          (Dian pergi ke kampus sebelum aku pulang)
       > After I had done my home work, I went to my friend's house
          (Setelah aku mengerjakan pekerjaan rumahku, aku pergi ke rumah temanku)


3. Past Perfect Continuous tense [S + had + been + V-ing]
  Contoh kalimat :
    - Pekerjaan yang dimulai pada waktu lampau dan berjalan terus hingga berhenti sesaat sebelum orang itu berbicara
       > Arif had been living in Jakarta for 10 years before he moved to Bandung
          (Arif telah sedang pergi ke Jakarta selama 10 tahun sebelum dia pindah ke Bandung)


FUTURE TENSE
1. Simple Future Tense
[S + will/shall + V1
"Shall/will: bentuk 'akan' yang spontan (tdk terencana)"
Atau [S + am/is/are + going to + V1]
"To be going to: bentuk 'akan' yang sudah terencana"
 Contoh kalimat :

   - I will write a letter carefully
     (Saya akan menulis surat dengan hati-hati)
   - I'm going to go on vacation next summer
     (Saya akan pergi berlibur musim panas mendatang)

2. Future Continuous Tense [S + will/shall + be + V-ing]
 Contoh kalimat :
  - Keadaan yang sedang berlangsung di waktu yang akan datang
     > Ryan will be playing football at 04.00 p.m.
        (Ryan akan bermain bola pada jam 4 sore)

3. Future Perfect Tense [S + will/shall + have + V3]
 Contoh kalimat :
   - Suatu kegiatan yang terjadi dan selesai sebelum kegiatan lain berlangsung di masa yang akan datang
      > By the end of this week, I will have finished my work.
         (Pada akhir minggu ini, Saya akan menyelesaikan pekerjaan saya)

4. Future Perfect Continuous Tense [S + will/shall + have + been + V-ing)
 Dapat saya katakan bahwa jam 9 besok saya sudah akan sedang berenang selama 30 menit.
Besok toh? Yes, kan future.
Jam 9 Sudah mulai toh? Yes, kan mulainya jam 8:30
Masiah akan terus kan? Yes, kan jadwalnya sampai jam 10:00.
Sudah, sedang, akan, di masa datang! Itulah inti dari Future Perfect Tense!.
jadi kalimat Future Perfect Continuous Tense lengkapnya begini: > I will have been swimming for 30 minutes at 9 tomorrow
    (Jam 9 besok saya sudah akan sedang berenang selama 30 menit)

Gimana sobat, puas nggak dengan penjelasan TENSES ini, semoga bermanfaat terus ya.

Sumber:
-barudakalfa.com
-tensesbahasainggris.com

BACA ARTIKEL LAINNYA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentarmu disini ^^